Selasa , Juli 23 2024
Home / Advetorial / Desa Tasokko Jadi Lokasi Penanaman Perdana Pisang Cavendish di Mamuju Tengah

Desa Tasokko Jadi Lokasi Penanaman Perdana Pisang Cavendish di Mamuju Tengah

Mateng, 8enam.com.-Desa Tasokko, Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah jadi lokasi penanaman perdana pisang cavendish.

Penanaman perdana pisang cavendish tersebut dihadiri langsung PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin dan dihadiri Wakil Bupati Mamuju Tengah, H. Muh. Amin Jasa, Danlanal Mamuju, Letkol Dedi Andriyatno, perwakilan Danrem 142 Tatag dan Polda Sulbar, serta sejumlah OPD Pemkab Mamuju Tengah.

PJ Gubernur Sulbar Bahtiar mengatakan, budidaya Pisang Cavendish yang dikerjakan di Mamuju Tengah sebetulnya sudah dilakukan di Sulawesi Selatan, ketika menjabat sebagai PJ Gubernur Sulsel. Hasilnya merata di 24 kabupaten rencananya akan panen bulan depan.

Rencananya, budidaya Pisang Cavendish akan dikembangkan dengan skema kredit usaha rakyat (KUR) dan bekerjasama PT Agri Citra Pratama (CAP).

“Ini komoditi menjadi alternatif tambahan diluar yang sudah didapatkan masyarakat selama ini,” kata Bahtiar, Kamis (13/6/2024).

Dia juga salut atas cara masyarakat dalam mengelola lahan perkebunan.

“Secara umum masyarakatnya lebih produktif tinggal dibimbing pilih tanaman yang ada nilai ekonomisnya. Mudah dikerjakan, dan segala umur bisa kerjakan dan sehat dikonsumsi warga,” ungkapnya.

Basri, seorang petani di Mamuju Tengah berminat mengembangkan Pisang Cavendish. Dia berharap dengan masuknya pisang Cavendish di Mamuju Tengah bisa menambah pendapatan masyarakat.

“Semoga ini bisa berhasil dikembangkan disini,” ungkapnya. (Rls/adv)

Check Also

Polres Mateng Amankan 35 Unit Kendaraan Roda Dua

Mateng, 8enam.com.-Sat Lantas Polres Mamuju Tengah berhasil mengamankan 35 unit kendaraan roda dua dalam Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *