Minggu , Februari 25 2024
Home / Daerah / Bupati Mamuju Hadiri Upacara Melasti di Papalang

Bupati Mamuju Hadiri Upacara Melasti di Papalang

Mamuju, 8enam.com.-Sambut hari Nyepi tahun Baru Caka 1945 tanggal 22 Maret 2023, umat Hindu wilayah Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju melaksanakan upacara Melasti, Senin (20/3/2023).

Upacara Melasti adalah proses penyucian diri menjelang Nyepi, yang dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut.

Upacara berlangsung khidmat di tepi Pantai Papalang, dihadiri ratusan umat Hindu.

Hadir pula dalam acara tersebut Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mamuju, Syamsuddin Hatta, serta Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Mamuju mengutarakan harapan agar upacara keagamaan semacam ini bisa terus diadakan.

“Semoga momentum ini akan selalu menjadi jalan silaturahmi, demi menghadirkan Mamuju Keren yang selalu dapat mengakomodasi semua bentuk keragaman dan kebhinekaan,” kata Sutinah.

“Menyaksikan betapa khidmat nya upacara Melasti dalam rangka menyambut Hari Nyepi yang saat ini kita lakukan di Pantai Papalang, tentu menjadi jawaban tegas betapa daerah dan masyarakat kita selalu mengedepankan rasa toleransi dan saling menghargai antar umat beragama,” sambungnya.

Ketua Parisada Hindu Dharma Kecamatan Papalang, I Putu Merta, dalam wawancara terpisah mengutarakan, diaspora masyarakat Hindu Bali di Kecamatan Papalang dimulai pada tahun 1983 lewat jalur transmigrasi. Diaspora tersebut kemudian beradaptasi dan membaur dengan masyarakat lokal, dan hidup rukun hingga sekarang.

“Kami hidup damai berdampingan meski berbeda budaya dan agama. Saling toleransi dan menghargai,” ujarnya.

I Putu Merta kemudian menutup wawancara dengan ucapan selamat menyongsong Bulan Suci Ramadan tahun 1444 H bagi umat Muslim, yang tahun ini jatuh tepat sehari setelah Hari Raya Nyepi. (Diskominfosandi/RF)

Check Also

Enam TPS lakukan PSU, Sutinah  Sampaikan Harapan Ini

Mamuju, 8enam.com.-Enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Mamuju melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (24/2/2024). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *