Minggu , Januari 24 2021
Home / Daerah / Buka Kegiatan Sosialisasi Kabupaten Sehat, Askary Sampaikan Ini

Buka Kegiatan Sosialisasi Kabupaten Sehat, Askary Sampaikan Ini

Mateng, 8enam.com.-Sekkab Mateng, H. Askary Anwar buka secara resmi kegiatan sosialisasi kabupaten/kota sehat. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Bupati Mamuju Tengah, Senin (30/11/2020).

“Kabupaten Kota/Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan, yang terintegrasi, yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah,” kata Askary.

Lanjutnya, Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, secara bertahap dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan dukungan pemerintah daerah dan mendapatkan fasilitas dari sektor terkait melalui program yang telah dilaksanakan.

“Kunci keberhasilan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat terletak pada dukungan pemerintah, swasta dan masyarakat, serta kolaborasi dan komitmen penuh lintas sektor untuk memenuhi setiap indikator pada setiap tatanan di sektor masing-masing,” ungkapnya.

Pada prinsipnya kata Askary, program Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah, yang nantinya dapat mendekatkan program-program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat karena dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada proses daripada output.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Mateng, Setya Bero mengatakan, sesuai dengan undang-undang nomor 36 tahun 2019 tentang kesehatan, mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan di bukan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan kata Setya Bero, perlu adanya upaya pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga maupun di lingkungan masing-masing, dengan adanya keluarga berkembang dan berkualitas maka kuantitas penduduk dengan sendirinya dapat dikendalikan serta akan melahirkan mobilitas penduduk yang menjadi sumber daya manusia mandiri.

“Kabupaten/kota sehat merupakan suatu pendekatan yang meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan mendorong terciptanya kualitas lingkungan fisik budaya dan produktivitas serta perekonomian yang sesuai dengan kebutuhan wilayah daerah,” ujarnya.

“Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep dan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat, yang diharapkan akan terbentuk tim Pembina penyelenggaraan kabupaten/kota sehat yang diketuai oleh Kepala Bappeda dan anggota instansi terkait, dan kemudian akan segera dibentuk forum Kabupaten/kota sehat di Kabupaten Mamuju Tengah,” sambungnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator Kabupaten/Kota Sehat Sulsel, Wakapolres Mateng, Pabung Mateng 1418 Mamuju, Kemenag Mateng, Para Asisten Lingkup Setda Mateng, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Mateng, Para Kepala PKM Se Kabupaten Mateng. (SN/one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *