Sabtu , Februari 29 2020
Home / Daerah / Buka Kegiatan Pembinaan Teknis FKPM, Wakapolda Tekankan Ini

Buka Kegiatan Pembinaan Teknis FKPM, Wakapolda Tekankan Ini

Mamuju, 8enam.com.-Untuk mewujudkan kondutifitas Kamtibmas di desa, guna mendukung Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang aman damai dan sejuk, Direktorat Binmas Polda Sulbar menggelar Pembinaan teknis Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Se-Sulbar, Kamis (31/1/2019).

Kegiatan yang di selenggarakan di Aula Arya Guna ini mengangkat tema “Menciptakan Situasi Kondusif dari Desa, Guna Mendukung Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk” dan dipimpin dan dibuka langsung oleh Wakapolda Sulbar Kombes Pol DR. Endi Sutendi didampingi Dir Binmas Kombes Pol Yoyo Indayah dan Kasubdit Bin Polmas serta dihadiri oleh para Pejabat Utama, para Kasat Binmas Polres Jajaran, para Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Kepala Desa dan seluruh tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut dijelaskan bahwa untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif tentu harus ada penanganan yang tepat di wilayah untuk meredam terjadinya ancaman gangguang komflik, intinya adalah bagemana cara mengatasi segala persoalan sekecil apapun dengan cepat agar tidak berkembang.

Yang berperan penting dalam hal ini sudah jelas seluruh elemen masyarakat termasuk Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kades dan Penyuluh Agama untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif khususnya menjelang Pemilu 2019 mendatang.

Wakapolda Sulbar mengapresiasi seluruh pihak atas kesediannya menghadiri kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk menciptakan situasi yang kondusif, khususnya dalam menyambut pelaksanaan Pileg dan Pikpres tahun 2019 dengan harapan pemilu dapat terlaksana dengan aman, damai dan sejuk.

Dia katakan, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) ini merupakan elemen terdepan yang berkedudukan di Desa atau Kelurahan yang dapat memberikan dukungan dalam menjaga dan memelihara kamtibmas.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen dan FKPM untuk bersinergi, saling memberikan dukungan dalam menghadapi permasalahan yang ada, khususnya masalah yang dapat menimbulkan gangguang kamtibmas. Sekecil apapun permasalahan yang ada diharapkan dapat di selesaikan dengan solusi yang bijak, begitu juga apabilah ada permasalahan yang bertentangan dengan hukum positif agar dikoordinasikan untuk penanganannya sehingga lingkungan kita tetap terjaha dan terpeliahara,” ujarnya.

Kepada para Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas serta babinsa lanjutnya, diminta untuk terus memberikan pembinaan secara teknis dengan mempedomani perkap nomor 3 tahun 2015 tentang pemolisian maayarakat kepada seluruh elemen anggota FKPM di wilayah masing-masing.

“Olehnya mari kita terus berasama-sama mengantisipasi setiap permasalahan yang ada dengan menangani embrio-embrio permasalahan,” Tutur Wakapolda.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda juga menekankan 5 hal yaitu, Jaga dan pelihara terus keamanan di lingkungan masing-maaing karena keamanan merupakan kebutuhan dasar bagi tiap individu. Harus ada kebersamaan atau sinergitas dan keterbukaan dalam mengelola keamanan lingkungan. Waspadai perkembangan situasi yang dapat merugikan masyarakat seiring perkembangan tekhnologi. Sehingga harus disikapi dengan cerdas. Kegiatan ini agar juga di sosialisasikan kepada masyarakat agar terhindar dari segala kejahatan yang dapat mengancam dan Bagi para Kasat Binmas agar melaksanakan kegiatan yanh serupa di wilayahnya masing-masing sebagai acuan dalam menjaga kondutifitas kamtibmas.

“Selanjutnya pengarahan teknis di berikan oleh Kasubdit Bin Polmas, permasalahan konflik memang harus di sikapi secara serius agar tidak berkembang salah satunya permasalahan tanah atau kelompok. Untuk itu yang menjadi inti dari hal tersebut adalah sinergitas seluruh pihak demi kondutifitas kamtibmas,” Jelasnya. (HPS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *