Sabtu , Oktober 24 2020
Home / Daerah / Bawa 40 Bukti Dugaan Pelanggaran, Tim Kuasa Hukum Tina-Ado LaporkanPetahana Ke Bawaslu

Bawa 40 Bukti Dugaan Pelanggaran, Tim Kuasa Hukum Tina-Ado LaporkanPetahana Ke Bawaslu

Mamuju, 8enam.com.-Bawa 40 bukti, Tim kuasa hukum Paslon Bupati Mamuju Hj. St.Sutinah Suhardi-Ado Mas’ud resmi laporkan dugaan kasus pelanggaran Pilkada yang di lakukan oleh petahana, ke Bawaslu Kabupaten Mamuju, Kamis (24/9/2020).

“Hari ini kami datang ke Bawaslu Mamuju untuk melaporkan sengketa Pemilihan,” kata kuasa hukum Sutinah-Ado, Anwar Ilyas.

Dia mengungkapkan, sengketa tersebut didasari atas keputusan KPU dalam hal ini penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, pada tanggal 23 september 2020 kemarin.

“Kami melihat, penetapan pasangan calon melalui KPU ada yang tidak benar, karena pasangan calon dalam hal ini petahana tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, menurut undang-undang nomor 10 tahun 2016, ada hal yang dia langgar, yang mana jika itu terbukti maka calon yang bersangkutan itu di diskualifikasi.

“Ada pun pasal yang di langgar oleh petahana yaitu pasal 71 ayat 2 dan 3 UU No.10 tahun 2016, sanksinya itu di pasal 71 di ayat 5 yang harus di coret. Di pasal 71 Ayat 2 itu tentang larangan mutasi, di pasal 71 ayat 3 itu tentang menggunakan kewenangan program dan kegiatan. Di pasal 3 dan 2 ini ternyata di lakukan oleh petahana, ada 40 bukti yang kami punya yang kita sudah stor sementara di di Verifikasi oleh Bawaslu,” ujarnya.

Selain itu Anwar Ilyas juga mengatakan, perlu di ketahui oleh teman-teman semua bahwa kami dari Tim hukum serta tim pemenangan Tina-Ado, dengan sangat teliti dan hati-hati dalam hal ini sehingga kami berkesimpulan dengan Hakqulyakin bahwa harus di ajukan sengketa.

Ketika di tanya soal seberapa persen optimisnya laporan Tim hukum Tina-Ado terkait dugaan pelanggaran pilkada Mamuju yang di lakukan oleh petahana untuk memenuhi unsur proses ? Pengacara yang pernah menangkan gugatan sengketa pilkada dua kali di MA itu Anwar Ilyas katakan.

“Optimismenya kalau ada di atas 100 persen, di atas 100 persen,” kunci Anwar Ilyas,SH.MH Tiem hukum Paslon Tina-Ado.

Sementara itu Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin mengungkapkan bahwa, pihaknya sudah menerima ajuan sengketa Pilkada dan pihaknya sementara melakukan verifikasi.

“Jika hasilnya lengkap, maka kami akan terima dan dilanjutkan sesuai dengan peraturan Bawaslu,” kata Rusdin.

Dia juga mengungkapkan bahwa jika masih ada perbaikan akan dilakukan perbaikan, namun jika tidak ada perbaikan, akan dilanjutkan dalam proses penyelesaian sengketa.

“Jadi tentu kami terlebih dahulu akan lakukan musyawarah tertutup, kemudian musyawarah terbuka,” ungkapnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *