Selasa , Desember 7 2021
Home / Daerah / Apa Kabar Pembangunan Jalur Bonehau-Kalumpang?

Apa Kabar Pembangunan Jalur Bonehau-Kalumpang?

Mamuju, 8enam.com.-Masyarakat Kecamatan Bonehau dan Kalumpang kembali mendapat harapan dari pemerintah. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 7 miliar untuk pembangunan jalur Bonehau-Kalumpang, Kabupaten Mamuju.

Menurut Plt. Kadis PU Sulawesi Barat, Muh. Aksan, pihaknya masih persiapan masuk tahap lelang.

“Rencananya kita akan mulai dari Salu Batu, Kecamatan Bonehau. Anggarannya Rp 7 miliar,” ujar Aksan di ruang kerjanya, Selasa (23/4/2019) kemarin.

Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan manajemen PLTA Karama, soal pembangunan jembatan sepanjang jalur tersebut.

Muh. Aksan mengatakan, PLTA sudah membangun lima jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Mamuju itu. Sementara untuk pembangunan jalan, dirinya menargetkan akan mulai pertengahan tahun ini.

Namun begitu, pihak pemprov tetap mengusahakan agar jalur Bonehau-Kalumpang masuk status jalan nasional.

“Kita tetap mengadakan lobi agar jalur ini masuk status nasional, namun untuk sementara kita tetap alokasikan anggarannya karena ini memang kewenangan provinsi,” jelas Plt. Kadis PU Sulawesi Barat.

Sekadar diketahui, akhir tahun 2018 lalu, masyarakat Bonehau dan Kalumpang mengadakan aksi demonstarsi di Pemprov Sulbar.

Masyarakat menuntut jalan mereka diperbaiki. Alasannya, wilayah Kalumpang merupakan kecaman tertua di Kabupaten Mamuju yang sampai saat ini masih terisolir.

Untuk itu, Muh. Aksan berharap masyarakat Bonehau dan Kalumpang bersabar menanti pembangunan jalan tersebut. (Mg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *