Selasa , Juli 16 2024
Home / Nasional / Ainul Yakin Atlit Jalan Cepat Berhasil Sumbang Medali Emas Untuk Sulbar di Popnas XVI Palembang

Ainul Yakin Atlit Jalan Cepat Berhasil Sumbang Medali Emas Untuk Sulbar di Popnas XVI Palembang

Palembang, 8enam.com.-Atlet jalan cepat asal Sulawesi Barat di nomor 5000 meter, Ainul Yakin berhasil mengharumkan nama Sulawesi Barat.

Ainul Yakin berhasil menyumbang medali emas di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (2/9/2023) di Arena Jakabaring Sport City Palembang.

Ini medali kedua yang diraih oleh Sulbar di Popnas XVI Palembang, setelah sebelumnya atlet balap sepeda putra kategori Individual Time Trial (ITT) 10 Kilometer (Km), Muhammad Yahya Usman juga berhasil meraih medali perak.

Ainul Yakin berhasil menempuh waktu 23.46 menit melampaui rekor waktu limit Popnas 29.50 menit, dan menyingkirkan 10 atlet jalan cepat dari Provinsi lainnya.

Di posisi kedua ada atlet Riau, Lexianda Eky Dwipa meraih medali perak dengan menempuh waktu 24.08 menit, dan atlet Lampung, Andhika Yudha Setiawan di posisi ketiga meraih medali perunggu dengan waktu 24.17 menit.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM yang ikut menyaksikan lomba cabang olahraga (Cabor) atletik jalan cepat ini mengaku bangga, terharu dan sekaligus bersyukur atas perolehan medali emas yang diraih Ainul Yakin.

Safaruddin Sanusi yang juga secara langsung mengalungi medali emas Ainul Yakin serta peraih medali Perak dan Perunggu.

“Alhamdulillah atlet jalan cepat Sulbar Ainul Yakin berhasil mendapatkan emas. Ini sangat kita apresiasi, sebab ini emas pertama untuk Sulbar. Pada Kejurnas atletik di Solo pada bulan Juni lalu, Ainul Yakin juga meraih medali emas,” ucap Safaruddin Sanusi.

“Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pelatih, orang tua atlet, dan lebih khusus kepada para atlet kita,” tambahnya.

Safaruddin juga berterimakasih kepada semua pihak yang senantiasa mendukung dan memberikan support, baik kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Sekda Sulbar, DPRD Sulbar dan seluruh warga Sulbar.

“Pak Gubernur tadi juga sudah menyampaikan ucapan selamat, dan Insya Allah atlet kita yang berhasil meraih medali akan mendapatkan apresiasi dari Pak Gubernur,” sebut Safaruddin.

Untuk diketahui, hari ini, Sabtu (2/9/23), atlet dayung tunggal putra juga akan berlaga di babak semi final, dan tim takraw putri di babak 8 besar.

“Semoga yang akan berlomba hari ini juga dapat berhasil meraih juara,” tutup Safaruddin. (rls)

Check Also

Pocari Sweat Luncurkan Billboard Raksasa

Jakarta, 8enam.com.-Dalam upaya menciptakan masyarakat yang mampu mengelola sampah dengan baik dan benar secara mandiri, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *