Selasa , Oktober 22 2019
Home / Artikel / 10 Manfaat Rebung bagi Kesehatan Tubuh (Wajib Tahu)

10 Manfaat Rebung bagi Kesehatan Tubuh (Wajib Tahu)

Sayur rebung foto : net

8enam.com.-Rebung merupakan tunas bambu muda yang muncul dari dalam tanah dan berasal dari akar bambu. Rebung sendiri memiliki cita rasa yang khas serta memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat rebung yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat rebung, perlu Anda ketahui bahwa rebung adalah asupan sehat yang bisa menjadi pilihan di antara berbagai macam sayuran. Rebung mengandung vitamin A, B6, E, folat, niasin, riboflavin, tiamin dan asam pantotenat.

Selain itu, rebung juga diperkaya dengan berbagai macam mineral seperti selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi dan tembaga. Komposisi kimia rebung mentah per 100 gram terdiri dari protein 2,6 %, lemak 0,3 %, karbohidrat 5,2 %, dan air 91 %.

Berikut adalah beberapa manfaat rebung yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat rebung yang pertama adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan fitonutrien dan fitosterol yang ada di dalam rebung dapat menurunkan kadar lemak buruk yang ada di dalam darah. Menurunnya kadar LDL pada akhirnya akan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, khasiat rebung lainnya adalah menjaga kadar glukosa tetap stabil.

2. Menurunkan risiko kanker

Risiko terkena kanker di saluran pencernaan bisa berkurang apabila Anda rutin mengonsumsi makan berserat. Kandungan serat yang tinggi pada rebung bisa
mengurangi risiko tersebut.

Dalam usus, serat bisa berfungsi sebagai ‘sikat’ yang mampu menyingkirkan berbagai zat pengotor sekaligus menyingkirkan zat pemicu kanker. Sedangkan senyawa asam fenolik dalam rebung dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap penyakit jantung dan kanker.

3. Menurunkan berat badan

Karena rebung adalah salah satu makanan yang sering dioleh menjadi sayur, bagi Anda yang sedang menjalan program diet, mengonsumsi rebung adalah pilihan yang terbaik.

Manfaat sayur rebung dengan kandungan serat yang tinggi dan kadar lemak serta kalori yang juga rendah, membuat rebung baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain membantu menurunkan berat badan, rebung juga bisa memperlancar buang air besar sekaligus menyehatkan usus.

Kandungan serat pada rebung akan membuat perut terasa kenyang hingga nafsu makan mudah dikendalikan. Manfaat rebung dalam menunjang program diet alami akan efektif karena rebung mengandung gula dan lemak yang rendah. Dalam 100 gram rebung mengandung gula sekitar 2,5 gram dan 0,49 gram lemak.

4. Menjaga kondisi sel-sel dalam tubuh

Manfaat rebung berikutnya adalah menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada rebung berfungsi menjaga kondisi sel agar bisa berfungsi dengan baik.

5. Membantu penyembuhan luka

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat rebung adalah membantu penyembuhan luka dan bisul. Selain itu, rebung juga bisa dijadikan obat untuk penyakit cacingan dan mengatasi rasa sakit perut.

6. Mengatasi peradangan

Manfaat rebung yang banyak orang tidak sadari adalah kemampuannya mengatasi peradangan. Kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada rebung dapat menurunkan risiko Anda mengalami peradangan.

Kandungan asam fenolik pada rebung adalah komponen terkuat yang berkontribusi membuat manfaat rebung sebagai makananan anti-inflamasi yang baik. Selain sebagai antiradang, khasiat rebung lainnya adalah mencegah terjadinya tukak lambung.

Bagi Anda yang memiliki masalah tertentu seperti dan asam urat, reumatik dan sklerosis di mana terbentuk inflamasi pada tubuh tanpa berkaitan dengan infeksi, konsumsi rebung adalah pilihan yang tepat.

7. Menurunkan risiko stroke

Kandungan kalium pada rebung yang cukup tinggi yakni 533 mg per 10 gramnya, membuat rebung mampu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Makanan dengan kadar kalium minimal 400 mg dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Tekanan darah yang terkontrol maka risiko terkena stroke bisa berkurang. Seseorang yang menderita stroke biasanya mengalami defisiensi kalium.

8. Mengatasi batu ginjal

Manfaat rebung bambu kuning yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya mengatasi batu ginjal. Mengonsumsi rebung bambu kuning dipercaya dapat mengatasi batu ginjal. Nutrisi utama yang ada di dalamnya seperti asam amino, protein, lemak, garam dan gula.

Selain itu, serat pangan yang ada di dalam rebung merupakan senyawa yang berbentuk karbohidrat kompleks. Meski tidak bisa dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan, serat pangan memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

9. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan E yang sangat tinggi dalam rebung ditambah dengan antioksidan dan beberapa asam amino, membuat rebung bisa mencegah kerusakan pada kulit yang sering kali terjadi akibat paparan radikal bebas. Agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga, salah satu langkah bisa dilakukan adalah mengonsumsi rebung.

10. Melawan berbagai macam penyakit

Kandungan vitamin, antioksidan, mineral dan serat dalam rebung berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Meski kurangnya serat dalam tubuh tidak menunjukkan gejala yang spesifik, namun asupan serat tetap harus dipenuhi agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Beberapa penelitian menemukan bahwa kekurangan serat dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, kanker kolon (usus besar), jantung koroner dan diabetes melitus.

Nah, itulah beberapa manfaat rebung yang berguna bagi kesehatan Anda.

Cara Mengolah Rebung dengan Benar
Setelah mendapatkan penjelasan mengenai khasiat rebung, hal lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara memasak rebung dengan benar. Cara yang paling mudah adalah dengan menumisnya, namun sebelum menumis Anda harus merebusnya terlebih dahulu kurang lebih selama 20 menit untuk menghilangkan rasa pahit.

Selain menghilangkan rasa pahit, merebus rebung juga berguna untuk menghilangkan komponen toksin di dalamnya. Kadar toksin pada rebung bisa ditandai dengan rasa pahit dan asam yang muncul. Semakin sulit rasa pahit dan asam hilang, berarti rebung memiliki kadar toksin yang tinggi.

Saat direbus, biasanya aroma asam dari rebung akan makin terasa. Guna menghilangkan bau asam, saat merebus rebung Anda bisa mencucinya terlebih dahulu dan buang bagian tunas yang keras.

Setelah merebus rebung dalam air mendidih kurang lebih 20 menit, segera tiriskan dan rebus kembali dengan tambahan 5 lembar daun jeruk dan 3 cm jahe yang dimemarkan. Perlu Anda ketahui, cara memasak rebung dapat memengaruhi kadar antioksidan di dalam rebung.

Sumber : doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *