Sabtu , Oktober 1 2022
Home / Daerah / Tangani Banjir dan Genangan, Pemkab Mamuju Gandeng COT Unhas

Tangani Banjir dan Genangan, Pemkab Mamuju Gandeng COT Unhas

Mamuju, 8enam.com.-Untuk melakukan kajian dalam upaya menangani persoalan banjir dan genangan yang sering terjadi di ibu kota Sulawesi Barat ini, Pemerintah kabupaten mamuju resmi menggandeng Center Of Technology (COT) Universitas Hasanuddin Makassar.

Lewat forum yang digelar diruang rapat pimpinanan Kantor Bupati Mamuju, yang dihadiri sejumlah kepala satuan kerja (kasatker) terkait, Bupati Hj. Sitti Sutinah Suhardi, bersama Ketua tim pusat COT Universitas Hasanuddin, Prof Sakti Adji Adisasmita telah membubuhkan tandatangan sebagai dokumen bukti kesepahaman telah terbangun antar kedua belah pihak.

Sebelum itu, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi mengaku, banjir yang sering terjadi di sejumlah wilayah di daerah ini adalah persoalan yang cukup kompleks, sehingga tidak mungkin diatasi sendiri-sendiri.

Sebab itu kata Sutinah, memulai langkah terpadu untuk mencari solusi terhadap penanganan banjir dan genangan, pemerintah daerah memutuskan untuk menggandeng tenaga ahli dari Unhas untuk dapat melakukan kajian yang diharapkan dapat memberikan rekomendasi terhadap langkah dalam mengatasi persoalan banjir, maupun sejumlah resiko kebencanaan di daerah ini.

Menegaskan harapan keterpaduan semua pihak dalam membantu mengatasi berbagai persoalan tersebut, Bupati Mamuju juga menyentil sejumlah Satker dan maupun pemangku kepentingan lain untuk dapat memberikan intervensi, guna mengatasi kondisi yang terkait dengan tupoksi masing-masing.

“Banjir maupun kondisi lain yang terkait dengan itu tentu bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah, sebab kita tentu tidak akan mampu mengatasinya sendiri, olehnya itu kita gandeng COT Unhas untuk melakukan analisis dan kajian yang kita harapkan menghasilkan rekomendasi yang dapat kita intervensi bersama, termasuk sejumlah satuan kerja yang berkenaan dengan hal tersebut,” pinta Bupati.

Kasatker PJSA Sulbar, Muhammad Asdar memberikan respon positif terhadap langkah pemerintah daerah dalam menangani persoalan banjir.

Ia mengaku siap memberikan dukungan melalui program yang disesuaikan dengan kebutuhan dari hasil analisis dan rekomendasi dari Tim COT Unhas.

Terpisah, Ketua tim pusat COT Universitas Hasanuddin, Prof Sakti Adji Adisasmita mengatakan, kesepahaman yang telah terbangun bersama, akan ditindaklanjuti dalam membantu Pemerintah Kabupaten Mamuju untuk mencarikan solusi, guna meminimalisasi dampak banjir dan genangan yang sering terjadi.

“Tentunya kita tidak hanya melihat kondisi eksisting, tetapi bagaimana potensi terkait aspek teknisnya, aspek tataruangnya, aspek lingkungan dan perkotaan. Itu semua lah yang akan kita kaji, apa permasalahannya dan itu nanti yang akan kita berikan rekomendasi sebagai solusi untuk memecahkan permasalahan ini,” pungkasnya.

Ia menargetkan, Tim COT Unhas akan dapat menyelesaikan tugasnya dalam kurun waktu tiga bulan kedepan, dengan memulai mengumpulkan data primer maupun sekunder yang akan dijadikan bahan analisis terhadap pelaksanaan kajian tersebut. (Rls)

Check Also

Polisi Bakal Gelar Operasi Zebra 2022, Ini Sasaran Prioritas Pelanggaran

Mateng, 8enam.com.-Awal bulan Oktober, Satlantas Polres Mamuju Tengah akan menggelar razia kendaraan dalam Operasi Zebra …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.