Kamis , Juli 18 2024
Home / Daerah / Di Sosialisasi Pengamanan Pilgub, Panwaslih Mateng Tegaskan ASN Dan Kades Jangan Terlibat Terlibat Kampanye

Di Sosialisasi Pengamanan Pilgub, Panwaslih Mateng Tegaskan ASN Dan Kades Jangan Terlibat Terlibat Kampanye

Tobadak, 8enam.com.-Demi menjaga keamanan Pilgub, melalui Kantor Kesatuan Bangsa Linmas dan Politik (Kesbang Pol), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mamuju Tengah (Mateng) gelar sosialisasi pengamanan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulbar tahun 2017 di Gedung Olah Raga (GOR) Benteng Kecamatan Tobadak Selasa (20/12/2016).

Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri oleh anggota Komisi Pemilhan Umum (KPU) Subar, Nurdin Pasokori, Ketua Panwaslih Mateng, Rustang, Kepala Kantor Kesbang Pol, Saharuddin Tinggi, Kepala Desa sekabupaten Mateng, Camat, TNI dan Polsek.

Saharuddin Tinggi katakan, Bupati Mateng H. Aras Tammauni berharap agar Pilgub Khususnya di Mateng bisa berjalan aman, tertib, seperti Pilkada Bupati yang lalu.

Sementara Panwaslih Kabupaten Mateng, Rustang, dalam materi sosialisasinya, menyampaikan bahwa salah satu tugas dan wewenang Panwas  adalah mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan. Meliputi, pelaksanaan pengawasan rekrutmen PPS, PPK dan KPPS, pemutakhiran data pemilih sesuai data kependudukan dan penetapan DPS dan DPT, proses penetapan calon, pelaksanaan kampanye, perlengkapan pemilihan dan pendistribusian, sampai dengan proses pelaksanaan penetapan hasil pemilihan.

Selain itu, dia tegaskan, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa, sampai dengan TNI Polri tidak di perbolehkan ikut terlibat dalam kampanye salah satu pasangan calon.

Sedangkan Nurdin Passokori berharap, agar penyelenggara Pilkada bekerja sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi), ikhlas dan maksimal dalam menjalankan amanah sebagai penyelenggara.

“Kalau ASN atau Kepala Desa, bisa hadir di kampanye pasangan calon, tapi tidak boleh aktif, apalagi menjadi tim sukses salah satu pasangan calon,” jelas Nurdin.

Sosialisai tersebut juga di rangkaikan dengan penyerahan secara simbolis 500 seragam Linmas kepada perwakilan masing-masing kecamatan yang di wakili oleh camat masing-masing. (RA).

 

Check Also

Polres Mateng Amankan 35 Unit Kendaraan Roda Dua

Mateng, 8enam.com.-Sat Lantas Polres Mamuju Tengah berhasil mengamankan 35 unit kendaraan roda dua dalam Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *