Minggu , Februari 25 2024
Home / Daerah / Sebentar Lagi, Kabupaten Matra Bakal Miliki Desain Pantai Modern

Sebentar Lagi, Kabupaten Matra Bakal Miliki Desain Pantai Modern

Mamuju Utara, 8enam.com.-Masyarakat Kabupaten Mamuju Utara (Matra) patut berbangga, pasalnya sebentar lagi, Kabupaten Matra, Kabupaten paling utara di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) ini bakal memiliki desain pantai modern yang membentang sepanjang 780 meter di bibir Pantai Pasangkayu.

Penataan kawasan pantai Pasangkayu ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Matra dalam memperindah ruang-ruang publik serta upaya mewujudkan ibu kota kabupaten yang modern dan tertata.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Matra, Budiansyah mengatakan bahwa, penataan Pantai Pasangkayu ini, selain nantinya akan memperindah penampilan pantai, juga akan diisi oleh berbagai item spot untuk memenuhi kebutuhan santai maupun kebutuhan olah raga masyarakat.

Item-item spot itu kata Budiansyah seperti, play ground untuk bermain anak, joging track untuk olah raga lari santai, lapangan basket, lapangan voli, sarana water drink, ruang santai masyarakat untuk duduk bercengkrama dengan keluarga, musholla, toilet umum, dan berbagai fasilitas umum (fasum) lainnya.

”Jadi penataan bibir pantai Pasangkayu ini, dimulai dari lingkungan jembatan patah, hingga ke wilayah Dusun Tanjung Babia, titik tepatnya perbatasan akhir, di tiga pohon bakau yang tumbuh di pantai dusun Tanjung Babia ini,” terangnya, Rabu (1/2/2017).

Sementara itu mengenai waktu pengerjaan penataan pantai ini sendiri lanjutnya, sudah bakal dimulai tahun ini, dengan besaran anggaran yang diusulkan sebesar Rp 35 miliar, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, melalui kementrian PU dan Perumahan Rakyat.

Tahun lalu tambahnya, Pemkab Matra telah melakukan pembebasan lahan tahap pertama, dan saat ini akan memasuki pembebasan lahan tahap ke dua. Anggaran pembebasan lahan ini sendiri bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) Matra 2016 dan 2017.

”Tahap awal sudah dibebaskan lahan sekitar satu setengah hektar dengan anggaran sekitar Rp 1,4 miliar, pembebasan lahan tahap kedua ini, anggaranya sudah siap, tinggal eksekusi pembayaran, karena antara pemilik lahan dan Pemkab Matra sudah mencapai kesepakatan bersama,” pungkas Budiansyah.(Cg/Jon)

 

Check Also

Enam TPS lakukan PSU, Sutinah  Sampaikan Harapan Ini

Mamuju, 8enam.com.-Enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Mamuju melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (24/2/2024). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *