Sabtu , Oktober 24 2020
Home / Daerah / Ratusan Nakes RS Mitra Manakarra Jalani Tes Swab

Ratusan Nakes RS Mitra Manakarra Jalani Tes Swab

Mamuju, 8enam.com.-Sebanyak 149 tenaga kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Mitra Manakarra Kabupaten Mamuju Sulbar, jalani test Swab massal sebanyak tiga kali.

Dari 149 Nakes yang melakukan Swab massal tersebut, mulai dari staf, perawat, hingga dokter guna memastikan seluruh Nakes RS Mitra aman dari infeksi Covid-19 untuk melakukan aktvitas pelayanan kepada pasien.

Swab massal itu dilakukan berawal dari adanya salah seorang pasien dirujuk ke Makassar dari RS Mitra Manakarra, yang dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani perawatan di makassar.

Di temui di ruang kerjanya Kamis, (15/10/2020), Direktur Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju, dr. Nexriana mengatakan, awalnya itu karena ada pasien yang meninggal di makassar, pernah di rawat di Mitra tetapi itu tidak ada gejala, tidak demam tidak sesak, tidak batuk berikutnya negatif sehingga dirawat seperti pasien biasa.

“Setelah di rawat lima hari disini, karena dia gagal ginjal akhirnya kita rujuk ke Makasar. Di Makassar di Opname tiga hari, itu dinyatakan positif Covid-19. dan saya tidak tahu di sana kena atau di mana saya tidak tahu juga, karena kami tidak bisa lacak,” tuturnya.

“Setelah tiga hari di nyatakan Covid-19 pasiennya meningal dan di makamkan secara Covid, nah disitulah awal mula kami skrining semua rumah sakit. Setelah di skrining semua rumah sakit kami temukan semua perawat yang kontak langsung, itu ternyata ada kami dapat satu positif,” sambungnya.

Setelah dapat satu orang positif kata dr. Nexriana, kemudian pihaknya kembali melakukan refres secara keseluruhan kepada perawatnya dan ditemuakan ada 8 orang di nyatakan postif Covid-19.

Setelah dapat 8 orang positif, pihaknya kembali melakukan swab, semua staf rumah sakit Mitra isolasi mandiri masing-masing di rumah, tidak boleh kotak dengan orang lain dan sesama petugas sambil kita sterilkan rumah sakit. Nah disitu kembali dilakukan pemeriksaan Swab lagi untuk seluruh rumah sakit dengan harapan pada saat ada hasil Swabnya, yang positif harus berobat dan negatif bisa masuk, tapi setelah datang hasil Swabnya kemarin dari 149 yang melakukan tes Swab ketiga, Alhamdulillah hasilnya negatif semua,” ungkapnya.

“Jadi Alhamdulillah semua yang kita swab baik dokter maupun perawat dan karyawan lainnya negatif semua, sehingga pelayanan di RS Mitra Manakarra Mamuju saat ini dapat melakukan pelayanan kembali seperti biasanya, setelah di lakukan sterilisasi selama kurang lebih sepuluh hari semua sudah bersih tak satupun yang terkontakminasi,” tutur dr. Nexriana. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *