Jumat , Agustus 23 2019
Home / Daerah / Pustaka Bina Ilmu Desa Mahahe Masuk Nominasi 6 Besar Pada Perlombaan Perpustakaan Tingkat Nasional

Pustaka Bina Ilmu Desa Mahahe Masuk Nominasi 6 Besar Pada Perlombaan Perpustakaan Tingkat Nasional

Mateng, 8enam.com.-Perpustakaan Pustaka Bina Ilmu Desa Mahahe, Kecamatan Tobadak, Kabupayen Mamuju Tengah (Mateng) Provinsi Sulbar masuk nominasi 6 besar pada perlombaan perpustakaan tingkat Nasional yang akan bersaing dengan 5 perpustakaan dari provinsi lain.

Penilaian perpustakaan oleh tim penilai dari perpustakaan nasional tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, H. Muh. Amin Jasa, Sekkab Mateng, H. Askary, Kepala Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Sulbar, Plt Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mateng, Kepala OPD Lingkup Pemkab Mateng, Ka. Desa Mahahe, Tim Penilai dari Perpustakaan Nasional, Mukhtar Dolle dan Ahmad Adli Harahap.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa sangat mengapresiasi atas capaian Perpustakaan Pustaka Bina Ilmu Desa Mahahe karena berhasil masuk sampai tahap nasional. Pada tahun 2017 Perpustakaan Ngapaboa meraih juara pertama pada tingkat Nasional, mudah-mudahan kondisi itu bisa terjadi lagi pada hari.

“Oleh sebab itu untuk membina perpustakaan didaerah ini tidak terlalu sulit, karna masyarakatnya adalah masyarakat yang modern, sehingga saya sangat yakin bahwa pada penilaian hari ini mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang maksimal,” ujar Amin Jasa.

Wabup sampaikan, perpustakaan ini memang sangat penting dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai mana yang tertuang dalam pembukaan undang-undang dasar tahun 1945,

Lanjut dikatakannya, banyak hal yang dibutuhkan oleh masyarakat, semuanya ada diperpustakaan, melalui literatur-literatur yang ada diperpustakaan, dan ini dari hari kehari akan terus berusaha untuk melengkapi semua literatur yang mungkin dibutuhkan oleh masyarakat yang tugas pekerjaannya adalah masyarakat petani sehingga perlu memberikan literatur-literatur yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyakat yng ada disini.

“Alhamdulillah daerah kita ini sudah masuk dalam 6 besar pada tingkat Nasional, untuk itu apa yang terjadi pada tahun 2017 dapat terjadi kembali di Desa Mahahe, karena kita sudah siap kearah sana untuk bisa menjadi juara ditingkat Nasional ini, tim juga sudah melihat bahwa apa yang menjadi persyaratan bagi sebuah perpustakaan secara umum itu sudah dipenuhi oleh perpustakaan yang ada di Mahahe,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Mukhtar Dolle memyampaikan, Perpustakaan Desa Mahahe Pustaka Bina Ilmu Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat sudah masuk 6 besar.

“Dalam hal ini Provinsi Sulbar, Perpustakaan Desa Mahahe Pustaka Bina Ilmu masuk nominasi 6 besar pada cluster C bersaing dengan 5 perpustakaan dari provinsi lain, dalam penilaian yng kita terima dari perpustakaan masing-masing,” tuturnya.

Perpustakaan itu kata Mukthar, sangat diharapkan untuk mempasilitasi koleksi-koleksi yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti kalau di Provinsi Sulbar ini berkaitan dengan pertanian.

“Mudah-mudahan perpustakaan ini dapat kita kelola dengan baik dan bisa menjadi perpustakaan desa yang lebih maju lagi,” ungkapnya. (Ysn Hms/one)

Advetorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *