Rabu , April 24 2024
Home / Daerah / Pelayanan Publik Masuk Kategori Hijau, Pemprov Sulbar Dapat Apresiasi Dari Kemendagri

Pelayanan Publik Masuk Kategori Hijau, Pemprov Sulbar Dapat Apresiasi Dari Kemendagri

Jakarta, 8enam.com.-Selain mendapat penghargaan dari Ombudsman RI, atas nilai Kepatuhan Sulbar yang mengalami kemajuan dari kategori kuning menjadi kategori hijau, Pemprov Sulbar juga mendapatkan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan tersebut disampaikan melalui Wastama Itjen Kemendagri Azwan, dan Staf Khusus Mendagri, Dr. Kastorius Sinaga pada saat menyampaikan apresiasi dalam Laporan Evaluasi Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan triwulan III di Jakarta, Selasa 20 Februari 2024.

Diketahui ada empat indikator sehingga sebuah pemerintahan masuk kategori HIJAU, yakni Dimensi Input meliputi kesiapan SDM, sarana dan prasarana. Dimensi Proses, yakni harus sesuai prosedur sebagaimana diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 2009

Ketiga Dimensi Pengaduan, dimana pemerintah perlu menghadirkan layanan pengaduan untuk menerima aduan dari masyarakat, terakhir Dimensi Output, yakni pendapat masyarakat terkait pelayanan, apakah puas atau tidak puas, atau masih ada kekurangan.

Prof. Zudan Arif Fakrulloh berharap torehan prestasi itu dapat mendorong OPD dan Pemda di Sulbar terus meningkatkan kualitas pelayanan di Sulbar. Sestama BNPP ini menginginkan beberapa Pemda yang masih kategori kuning dapat masuk kategori hijau.

Olehnya, Prof.Zudan menekankan beberapa poin yang perlu dijalankan kedepan, yaitu SDM, sarana dan prasarana, layanan pengaduan, SOP, dan berbasis digital.

“Layanan pengaduan ini bukan hanya ada tetapi bagaimana merespon dan menyelesaikan aduan itu,” kata Prof. Zudan. (Rls)

Check Also

Yuslifar Optimis Koalisi Pengusung Sutinah di Pilkada 2020 Masih Solid Memberikan Dukungan di Pilkada 2024

Mamuju, 8enam.com.-Direktur Perspektif Mamuju, Yuslifar Yunus Djafar, optimis koalisi pengusung Sutinah Suhardi di Pilkada 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *