Senin , Februari 24 2020
Home / Daerah / Jumlah Cakades Meningkat, Panitia Pilkades Gelar Seleksi

Jumlah Cakades Meningkat, Panitia Pilkades Gelar Seleksi

Mamasa, 8enam.com.-Meningkatnya jumlah Calon Kepala Desa (Cakades) dari tahun-ketahun, baik ditinjau dari sisi anggaran yang terus meningkat juga wilayah pemerintahan yang kurang termonitor oleh para penegak hukum. Berdasarkan peraturan yang berlaku maka setiap desa yang memiliki calon lebih dari 5 orang harus dilakukan seleksi ditingkat kabupaten.

Seleksi yang digelar oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, yang diprakarsai oleh Bagian Pemerintahan Sekretariat Dewan (Setda) Mamasa, diikuti 122 Cakades dari 17 Desa dari sejumlah Kecamatan. Kegiatan itu dibuka langsung Bupati Mamasa, H.Ramlan Badawi bersama Kepala Bagian Pemerintahan, Dahler didampingi langsung Kasi Pemerintahan, Muh.Amin, Selasa (21/3/2017).

H.Ramlan dalam sambutannya di Aula Sekolah Tinggi Teologia (STT) berharap,  tes  berlangsung aman dan semua peserta semangat. Jika ada yang tidak lulus tidak perlu kecewa atau protes karena hal yang dilakukan telah sesuai prosedur yang ada.

Lanjutnya, Harus dipahami bahwa hal yang dilakukan merupakan perintah undang-undang dimana Cakades dalam suatu wilayah lebih dari 5 orang harus diseleksi. katanya, Siapapun kelak yang terpilih jadi kades harus diterima agar proses demokrasi berjalan baik tanpa ada keributan.

Sedangkan Kabag Pemerintahan, Dahler menjelaskan, jumlah peserta dari 17 desa 122 orang. Desa yang paling banyak pesertanya yakni Desa Mamullu di Kecamatan Pana’, Cakades mencapai 11 orang.

Lanjut dia, Adapun nama desa yang mengikuti proses seleksi adalah, Desa Baruru, Desa Salumokanan Barat, Desa Salumokanan, Desa Limbadebata, Desa Bombong Lambe, Desa Pidara, Desa Rambu Saratu, Deaa Balla Satanetean, Desa Pangandaran, Desa Tampakurra, Desa Ulumambi Barat, Desa Malatiro, Desa Buntubuda, Desa Orobua, Desa Paladan, Desa Tamalantik dan Desa Mamullu. (Pan)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *