Selasa , Juli 23 2024
Home / Daerah / Dermaga Apung Akan Dibangun di Desa Kambunong

Dermaga Apung Akan Dibangun di Desa Kambunong

Mateng, 8enam.com.-Desa Kambunong Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah menjadi lokasi pembangunan dermaga apung.

Sebagai langkah awal, Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah bersama Pengelola ekosistem laut dan pesisir ahli muda, Direktorat P4K, Ditjen PLR Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar sosialisasi dan Mutual Check Nol (MC-0) pembangunan prasarana dermaga apung/tambat labuh di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di pulau Kambunong, Dusun Pulau Kambunong, Desa Kambunong, Jum’at (31/3/2023)

Pengelola ekosistem laut dan pesisir ahli muda, Direktorat P4K, Ditjen PLR, DR. Simon Boyke Sinaga menyampaikan tujuannya menyediakan bantuan pemerintah berupa pembangunan dermaga apung/tambat labuh di wilayah pesisir atau pulau-pulau kecil, untuk meningkatkan aksesibilitas dan menunjang kegiatan ekonomi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

Lanjutnya, Rencana pembangunan dermaga apung di Mamuju Tengah berlokasi di pulau Kambunong Desa Kambunong, perbaikan ringan kurang lebih 60 meter (lantai dan balok), sementara pembangunan trestle baru, kurang lebih 109 meter dengan bahan kayu, ukuran dermaga apung 10 X 5 meter, dengan lantai dermaga apung mengunakan material WPC, tiang dermaga apung type spun pile D-40, gangway dari material baja atau marine aluminium (pabrikan).

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk pembangunan trenstle beton 8 X 8 meter, pondasi tiang pancang kotak 25 X 25 meter dengan kedalaman pondasi kurang lebih 30 meter didalam tanah, struktur penyangga atas (pile cap, balok dan lantai) menggunakan material beton K-300 (mix instan).

“Kita berharap pemerintah desa dapat menjaga dan merawat dermaga apung tersebut, bila perlu dibuatkan aturan kapal-kapal sekian GT saja yang bisa sandar. Jangan sampai nantinya ada kapal-kapal yang besar nyandar di dermaga apung seenaknya ditabrak-tabrak, akhirnya lama-lama bisa rusak,” pesanya.

Sementara itu, Sekkab Mateng, DR. H. Askary menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan, karena telah menetapkan Desa Kambunong, Kabupaten Mateng menjadi salah suatu program dermaga apung,

“Kita harus memfasilitasi, kita harus siap bersama-sama membangun dermaga apung ini, karena itu untuk kepentingan kita. Kita jadikan desa ini menjadi tempat destinasi wisata yang agro politan dimana didalamnya ada sektor-sektor perikanan yang bisa dikembangkan dan sektor wisata yang bisa kita gabungkan sebagai andalan,” kata Askary.

Askary mengajak masyarakat untuk menjaga pembangunan dermaga apung ini, jaga keamanannya, bantu fasilitasi dan sama-sama turun. Selain itu pihaknya juga menginginkan agar dapat memberdayakan warga lokal.

“Kita harus sukseskan program pembangunan dermaga apung ini, kita harus pelihara secara sama-sama sehingga dermaga apung ini dapat bertahan lama,” tutupnya. (A-51)

Check Also

Polres Mateng Amankan 35 Unit Kendaraan Roda Dua

Mateng, 8enam.com.-Sat Lantas Polres Mamuju Tengah berhasil mengamankan 35 unit kendaraan roda dua dalam Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *