Senin , Juni 21 2021
Home / Daerah / Dalam Penyusunan APBDes, Semua Unsur Harus Terlibat

Dalam Penyusunan APBDes, Semua Unsur Harus Terlibat

Mamuju, 8enam.com.-Dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), tidak boleh hanya Kepala Desa dan BPD saja yang terlibat, tetapi harus melibatkan komponen masyarakat.

Pesan Itu di sampaikan oleh Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid saat melantik Kepala Desa Buana Sakti, Kecamatan Tommo, Saipul Muarif, Senin, (30/7/2018).

Pelantikan yang berlangsung di Desa Buana sakti tersebut merupakan pelantikan Kepala Desa terakhir pasca Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Desember 2017 yang lalu. Sebelumnya Bupati Mamuju telah melantik kepala desa terpilih secara bertahap.

“Pelantikan ini adalah pelantikan terakhir dari seluruh pelantikan kepala desa yang ikut pada pemelihan serentak,” Sebut Habsi Wahid.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati No. 556/472/KPTS/VII/2018 tanggal 23 Juli 2018 tentang pengangkatan Kepala Desa terpilih Desa Buana Sakti Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju periode 2018-2024.

Sebelum memaparkan arahannya pada Kepala Desa yang dilantik, Habsi Wahid menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pejabat lama yang telah mengabdi dan berkarya di Desa Buana Sakti.

“Saya kira karya-karya pak desa yang lama ini masyarakat sudah nikmati, oleh karenanya patut kita menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih,” Ucapnya.

Kepada Kades Buana Sakti, Habsi Wahid mengingatkan untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Renjana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) agar tugas Kepala Desa untuk menyelenggarakan pemerintahan di desa dapat segera berjalan.

Selain itu, Habsi juga mengingatkan untuk segera menyusun Anggaran pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), ia berpesan agar dalam penyusunannya, Kades melibatkan berbagai unsur yang ada di desa termasuk masyarakat.

“Dalam penyusunannya, tidak boleh hanya pak desa dan BPD saja yang terlibat tetapi harus melibatkan komponen masyarakat,” Pesan Habsi Wahid.

Selain kepada Kepala Desa yang telah dilantik, Bupati Mamuju juga mengingatkan masyarakat agar menghilangkan sekat-sekat yang ada saat masa-masa Pilkades, yang mana masyarakat harus menerima dan mendukung pemimpin baru sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

“Riak-riak saat pemilihan kemarin kita akhiri, apabila ada sekat-sekat kemarin kita akhiri, hilangkan perbedaan yang lalu, mari merajut kebersamaan, mari kita membantu pak Saipul ini agar apa yang kita harapkan di desa kita dapat dicapai bersama-sama,” Pungkas Habsi wahid.

Sekedar diketahui, Pelantikan kepala Desa tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan Pababari, Ketua DPRD Kabupaten Mamuju, Hj. Sitti Suraidah beserta para Kepala OPD Kabupaten Mamuju. (Hms. Dian Hardianti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *