Jumat , Oktober 23 2020
Home / Daerah / BAGUNA Sulbar Terbentuk, Apa Itu BAGUNA?

BAGUNA Sulbar Terbentuk, Apa Itu BAGUNA?

Mamuju, 8enam.com.-Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan rupanya telah terbentuk di Sulawesi Barat. H. Arwan M Aras Tammauni dipercaya pemimpin organisasi sayap Partai “Banteng moncong putih” itu.

Meski belum dilantik, jajaran pengurus BAGUNA PDI Perjuangan Sulbar tersebut mulai eksis. Sabtu (14/3/2020) kemarin bahkan telah hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I DPD PDI Perjuangan Sulawesi Barat.

Kepada wartawan, Ketua BAGUNA PDI Perjuangan Sulbar, Arwan M Aras Tammauni mengatakan, kehadiran BAGUNA di Sulbar untuk tugas-tugas kemanusiaan dan menumbuhkan spirit serta semangat gotong royong.

“Baguna membumikan semangat gotong royong dan menjalankan misi kemanusiaan. Yang kuat membantu yang lemah. Dan ini bisa dilakukan kalau kita menyadari dan menghayati bahwa kita sebagai satu bangsa yang besar, yang senasib sepenanggungan dan saling tolong menolog,” ucap Arwan.

Politisi muda yang kini jadi anggota DPR RI wakil Sulawesi Barat ini mengaku, untuk melebarkan organisasi BAGUNA di Sulbar, dalam waktu dekat juga akan segera dibentuk pengurus tingkat Kabupaten.

“Tugas mereka adalah menjadi relawan. Mereka akan terjun ke daerah bencana jika terjadi bencana. Makanya mereka ini menjalankan misi kemanusiaan. Sangat mulia sekali tugasnya,” katanya.

Para BAGUNA ini, tambah Arwan, juga bakal dilatih kedepannya, agar mereka mengetahui bagaimana cara menangani suatu bencana, termasuk akan diajari terkait mitigasi dan latihan-latihan lainnya terkait penanganan bencana.

“Nanti para BAGUNA ini akan dilatih atau didiklat. Dengan bekal pengetahuan itulah nantinya mereka akan jadi relawan kemanusiaan yang handal dan mumpuni dalam menangani bencana yang memang berpotensi di daerah kita,” tutup Arwan. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *