Sabtu , Oktober 24 2020
Home / Daerah / 4.500 KPM Terima Bantuan Jaringan Pengaman Sosial

4.500 KPM Terima Bantuan Jaringan Pengaman Sosial

Mateng, 8enam.com.-Sebanyak 4.500 Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) akan terima bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS).

Kepala Dinas Sosial Mateng, Hj. Asmira Djama menyampaikan, pandemi Covid-19 berdampak berat pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, khususnya pada bidang sosial ekonomi. Pemerintah Daerah berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terus bekerja keras dalam mengatasi dampak dari pandemi Covid-19, dengan menyiapkan anggaran di bidang sosial ekonomi.

“Salah satu strategi mengatasi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19 yakni dengan meluncurkan Program Jaring Pengaman Sosial Mamuju Tengah. Sebayak 4.500 KPM penerima Bantuan Jaringan Pengaman Sosial denga besarn 250.000 per bulan selama 2 bulan, dengan total anggaran 2.250.000.000. Selain dari JPS ada juga bantuan dari kementrian sosial berupa BST, PKH, BPNT, ASlUT dan Penyandang disabilitas,” kata Asmira saat launching batuan JPS di pendopo Rujab Bupati Mamuju Tengah, Kamis (24/9/2020).

Asmira sampaiakn bahwa bantuan JPS ini mengalami keterlambatan, karena pihalnya betul-betul memvalidasi data, jadi masyarakat yang diberikan bantuan akibat pandemi covid 19 ini betul-betul belum perna tersentuh oleh bantuan-bantuan lainnya.

“Kita berharap dengan dilaunchingnya Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Mamuju Tengah ini, dapat memberikan ransangan stimulan kepada penerima untuk membangkitkan perekonomiannya ditengah pandemi Covid 19,” harap Asmira.

Sementa itu, Bupati Mateng, H. Aras Tammaui, menyampaikan, bantuan JPS dari pemerintah dalam rangka penanganan covid 19, untuk masyarkat tidak mampu dan atau terdampak covid 19, ada beberapa macam selain dari JPS itu sendiri, juga ada bantuan sosial tunai dari pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial.

“Dimana sebagian dari nilai bantuan tersebut langsung ditransfer keerekening penerima manfaat, dan sebagian lainnya disalurkan melalui PT. Pos yang dikoordinasi langsung oleh Dinsos Mateng,” kata Aras.

Selain itu lanjutnya, ada pula Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) melalui dinas PMD Mateng dan Dinas Perikanan dan Kelautan, Koperindag, Ketapang dan adapula bantuan dari Baznas.

“Bantuan pengaman sosial ini bertujuan untuk meminimalisasi resiko sosial terhadap kelompok masyaakat Kabupaten Mateng, yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid 19, bantuan JPS ini bantuan langsung tunai dengan jumlah 250.000 per Bulan selama 2 bulan, yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu dan atau terdampak covid 19 yang betul-betul belum tersentuh oleh bantuan lainnya,” terabg Aras.

Bupati meminta semua pihak dapat bekerja sama dengan baik, terutama kepada pihak Dinas Sosial dan masyarakat agar dapat saling mengawasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Mateng, H. Aras Tammauni, Wabup Mateng, H. Muh. Amin Jasa, Ketua DPRD Mateng, H. Arsal Aras, Kapolres Mateng, AKBP Muhammad Zakiy, Kadis Sosial Mateng, Hj. Asmira Djamal, Para Kepala OPD Lingkup Pemkab Mateng, Para Kepela Desa Sekabupaten Mateng. (SN/one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *